Membuat karakter unik LCD dg Arduino

Lanjut lagi masbro. aplikasi arduino Enteng – entengan. Kali ini kita akan membuat tampilan karakter unik ke LCD dengan Arduino UNO. Unik ? Ya maksudnya karakter yang tidak ada di keyboard komputer, sehingga kita tidak perlu mencari seharian di tombol mana to karakter ‘simbol kapasitor’ misalnya.

Iklan EDUROBO Lah kalau pakai ‘insert – symbol’ seperti di Ms.Word gimana ? Ingat men, ini Arduino, bukan Ms.World, hehe.. Ok sekarang siapkan Arduino UNO dengan LCD ukuran 216.

Rangkaian Arduino dg LCD

Kemudian buat programnya dengan Arduino.
[program]
Nah kita lihat hasilnya..

Tampilan karakter unik di LCD Arduino

Perhatikan tulisan di LCD. Ada karakter ‘love’ dan ‘smile’. nah kedua karakter itu kita buat dengan mendefinisikan pada variable ‘heart’ . Perhatikan ya, isinya angka 0 dan 1. Nilai variable tersebut mewakili ‘dot’ atau titik mana yang ‘on’ dan titik mana yang ‘off’ pada LCD. satu kotak LCD (tempat untuk 1 karakter) terdiri dari titik – titik yang disusun secara matrik. Lihat, ada 8 baris dan 5 kolom. Nah tinggal pilih saja, jika ‘titik’ diharapkan ‘on’ maka diisi dengan ‘1’, sebaliknya jika ‘titik’ diharapkan ‘off’ maka diisi ‘0’.
Kita lihat ya, untuk ‘love’ :

Tampilan karakter ‘love’ & programnya

 Contoh : untuk karakter symbol kapasitor :

Simbol kapasitor & programnya

Gimana, mudah kan ?..
Selamat mencoba……

99 proyek arduino
Baner MM Ardu materi

This entry was posted in Arduino and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply