Mengatur Fuse Bits ATmega8535

“Ketika memakai mikro yang baru saja dibeli, dan sudah saya pasang kristal 16 MHz tetapi kok delay-nya tidak tepat ya ?”, demikian pertanyaan seorang teman. Mikrokontroler yang baru dibeli (belinya baru lho bukan barang 2nd) maka seting fuse bits secara default memakai osilator internal yang 1 Mhz itu. Jadi walaupun dipasang kristal eksternal 16 Mhz juga gak ngefek.

Cara nge-ceknya gampang, berikut ini cara yang biasa saya lakukan dengan memakai eXtreme Burner – AVR. Setelah mikrokontroler dihubungkan dengan usb downloader (saya pakai UsbAsp)  Buka eXtreme Burner :

Trus klik Menu Read, pilih Fuse Bits and Lock Bits.

Tunggu sampai proses pembacaan selesai.

Klik Close, maka akan tampil nilai dari Fuse Bits.

Perhatikan Low Fuse bernilai 0xE1 dan High Fuse bernilai 0xD9. Ok, kita lihat di data sheet untuk Fuse Low Byte :

0xE1= 0b11100001, sama kan nilainya dengan ‘Default Value’ ?. Trus untuk Fuse High Bytenya :

0xD9=0b11011001, sama juga kan nilainya dengan ‘Default Value’ ?.

Nah kalau mau pakai osilator eksternal maka Fuse Bits (Low & High) harus disesuaikan nilainya. Untuk Low Fuse diubah menjadi 0xEF dan High Fuse diubah menjadi 0xC9.

Ganti nilai Low Fuse dan High Fuse kemudian beri tanda centang, trus klik Write. Tunggu proses sampai selesai, kemudian Close. Nah selesai deh, sekarang osilator eksternal sudah aktif, jadi nilainya sesuai dengan frekuensi Kristal yang dipasang, bukan kemudian menjadi bertambah, misal 1 MHz (internal) + 16 MHz (external).

Selamat mencoba !

 

 

This entry was posted in Mikrokontroler AVR. Bookmark the permalink.

10 Responses to Mengatur Fuse Bits ATmega8535

  1. fuad says:

    mas bagaimana cara menentukan Low Fuse dan High Fuse untuk kristal exsternal???

  2. paijo londo says:

    kalau saya pakai kristal 12 MHz, pengaturannya gmn mas? Trus bagaimana menentukan nilai2 itu? terimakasih

  3. paijo londo says:

    terimakasih atas jawabannya, sangat membantu sekali. Mau tanya lagi mas, jika saya punya file hex yang dicompile dari arduino IDE apakah bisa diupload dengan extrem burner?

  4. aris says:

    gan..mau tanya kalau unlock atmega16 itu gmn ya gan..newbie nie

  5. Pak, kalo chip tidak terdeteksi oleh software (bascom AVR) apakah itu juga disebabkan karena fusebitnya tidak sesuai? meskipun koneksi downloader (USBASP) di laptop sdh ok? mhon penjelasannya, trims…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>