Palang Pintu Kereta Api Otomatis dg ATmega8

Lama ya kita tidak ngoprek ATmega8. Kali ini aplikasi mikrokontroler akan menggunakan AVR ATmega8 sebagai ‘otaknya’. Kita akan membuat sistem palang pintu kereta api otomatis. Kalau biasanya kan dijaga petugas KAI, kalau ada kereta mau lewat , bapak petugas langsung menutup palang pintu sampai kereta bener2 lewat dan kemudian membukanya kembali.

Aplikasi Mikrokontroler

Eh, penjaga palang pintu itu tugasnya luar biasa ya. Menjaga keselamatan pengguna jalan, termasuk kita. Dan tidak mengenal hari libur (paling gentian shift ). Lebaran juga tetap masuk, dan harus tetap terjaga. Lha kalau pas ngantuk gimana ? Kalau pas capek gimana ?  Kalau pas lupa/lengah ? Nah untuk itu kita akan membuat sistem palang pintu kereta secara otomatis.
99 proyek arduinoSelain untuk mengurangi ‘human error’ alat ini dapat juga dipasang di palang pintu yang tidak ber-penjaga. Dengan alat ini ketika ada kereta datang maka palang pintu secara otomatis akan menutup dan membuka sendiri, tanpa petugas jaga.

Sistem Palang Pintu Kereta Api Otomatis

Prinsip dasarnya sederhana. Kita pasang 4 sensor untuk mendeteksi kereta yang lewat. dapat memakai Infrared + Phototransistor. Pada contoh simulasi ini nanti kita pakai LDR, karena yang paling mudah disimulasikan .

Sensor 1 dan Sensor 2 untuk mendeteksi kereta dari arah kiri. Sensor 3 dan 4 dari arah kanan. Sensor 1 dan 2 juga dipakai untuk mendeteksi benda/objek yang lewat, apakah kereta api atau yang lain. Kan bisa jadi hewan ya, semacam kerbau atau sapi numpang lewat, ngenai sensor, bisa2 palang pintu nutup otomatis deh…

Untuk membedakannya maka perlu tahu kecepatan benda-nya. Cara-nya ? ya tinggal hitung saja waktu antara objek mengenai sensor 1 dan sensor 2. Jarak Sensor 1 dan 2 kan kita buat 1 m. Jadi kecepatannya V=S/t . S adalah jarak sensor 1 dan 2 (1 m) sedangkan t adalah waktu tempuh dari sensor 1 ke sensor 2 yang dihitung oleh timer mikrokontroler.
Rangkaian untuk simulasinya memakai LDR sebagai sensor, motor DC untuk membuka – menutup pintu.

Skematik Sistem Palang Pintu KA Otomatis

Programnya kita buat dengan BASCOM-AVR :

$regfile = “m8def.dat”
$crystal = 1000000
Dim F As Byte
Config Lcdpin = Pin , Rs = Portb.0 , E = Portb.1 , Db4 = Portb.2
Config Lcdpin = Pin , Db5 = Portb.3 , Db6 = Portb.4 , Db7 = Portb.5
Config Lcd = 16 * 2
Cursor Off
Cls
Lcd “Palang Pintu KA”
Lowerline
Lcd “Otomatis”
Wait 1
Config Timer1 = Timer , Prescale = 1
On Timer1 Over
Enable Interrupts
Enable Ovf1
Stop Timer1

Portd = &HFF
Ddrd = &HFF
Ddrc = &H0
Portc = &HFF

Do
   ‘=== kereta dari arah kiri
   If Pinc.0 = 0 Then
      F = 0
      Start Timer1
      Do
         If F = 1 Then Exit Do
      Loop Until Pinc.1 = 0
      Stop Timer1
      If F = 0 And Timer1 < 60000 Then
         Cls
         Lcd “Kereta Dari”
         Lowerline
         Lcd “Arah Kiri”
         Gosub Tutup
          ‘— tunggu tutup
         Bitwait Pinc.3 , Reset
         Bitwait Pinc.3 , Set
         Gosub Buka
         End If
   End If
   ‘=== kereta dari arah kanan
   If Pinc.3 = 0 Then
      F = 0
      Start Timer1
      Do
         If F = 1 Then Exit Do
      Loop Until Pinc.2 = 0
      Stop Timer1
      If F = 0 And Timer1 < 60000 Then
         Cls
         Lcd “Kereta Dari”
         Lowerline
         Lcd “Arah Kanan”
         Gosub Tutup
         ‘— tunggu tutup
         Bitwait Pinc.0 , Reset
         Bitwait Pinc.0 , Set
         Gosub Buka
         End If

   End If
Loop
End
Buka:
 Portd.0 = 1
 Portd.1 = 0
 Portd.2 = 1
 Wait 5
 Portd.2 = 0
Return

Tutup:
 Portd.0 = 0
 Portd.1 = 1
 Portd.2 = 1
 Wait 5
 Portd.2 = 0
Return

Over:
Stop Timer1
Cls
Lcd “Bukan KAI !!!”
F = 1
Return

Master Mikrokontroler

Kita asumsikan kecepatan kereta api minimal 60 km/jam, sehingga dari perhitungan timer, nilai maksimalnya adalah 60.000.  Osilatornya 1 Mhz ya untuk mikronya.

Silakan dicoba dengan asumsi kereta datang dari sebelah kiri. Matikan lampu pada LDR1 kemudian LDR2. lakukan dengan cepat (sekan – akan kereta datang memotong sensor 1 dan 2). Scera otomatis motor DC akan berputar ke kiri (menutup). Selanjutnya matikan LDR 3 kemudian LDR 4. Berarti kereta sudah sampai pada sebelah palang pintu. Hidupkan lagi LDR 1, 2, 3 dan terakhir LDR 4, artinya kereta sudah lewat. Perhatikan motor DC berputar kanan (buka).

This entry was posted in Mikrokontroler AVR and tagged , , , . Bookmark the permalink.

20 Responses to Palang Pintu Kereta Api Otomatis dg ATmega8

  1. ihwan says:

    bisa share programnya gak gan..

  2. trihadi says:

    Mas F itu variable apa ?

    • admin says:

      F variabel untuk deteksi apakah Timer sudah overflow atau belum. Jika sudah overflow (nilai 1) dan berarti kecepatn dibawah standar KA.

  3. Pramudya Widyantoro says:

    gak ada video nya mas?penasaran kayak gimana

  4. Fuad Hanafi says:

    mas boleh request program yang CVAVR??

  5. Wahyu Nugraha says:

    mas motor nya pake motor streper ya buat pintunya?
    kalo motor DC 5v bisa?

  6. pahrin says:

    mas. bisa kasih screenshot mulai awal bikin new project pada aplikasi BASCOM-AVR gk..?

  7. andi muhammad yusuf says:

    kalau cara membuat program untuk 2 sensor ultrasonik pada mikrokontroler atmega16?
    gimana mas,,,mohon bantuan nya,,

  8. zaid says:

    mas kalau sensor ping untuk deteksi kendraan lewat maka palang akan terbuka menggunakan arduino

  9. amatkusuma says:

    boleh kirim proteus data ya ke email gan? di SS komponen ya ngk keliatan.

Leave a Reply