Tampilan Dot Matrik dengan Delphi

Running text atau moving sign yang biasa dijumpai di jalan atau di perkantoran biasanya terbuat dari dot matrix yang disusun memanjang. Tampilannya bermacam, ada informasi waktu, tanggal atau jam. Ada juga informasi pesan tertentu.

Nah untuk tampilan di desktop kita dapat menggunakan Delphi yang ditambahi komponen dot matrik. Jika Delphi anda belum ada dot matrikya, silahkan install dulu. Source-nya unduh disini.  Setelah terinstal maka bisa kita lihat pada component pallete :

Ok, langsung bikin project baru di Delphi. Tambahkan komponen DotMatrix 57 kedalam Form. Properties Value ganti dengan ‘DOT MATIX’ (tanpa tanda petik). Kemudian Run, maka akan tampil :

Properties Value adalah tulisan yang akan ditampilkan pada dot matrix, silahkan diganti dengan yang lain . Selanjutnya kita buat animasi pada dot matrik tersebut. Tambahkan satu buat timer Timer dengan properties :

  • Enabled : True
  • Interval : 100

Double Click Timer1 kemudian tulis kode programnya :

procedure TForm1.Timer1Timer(Sender: TObject);
const
AnimatedStr =’            Selamat Belajar Pemrograman…..’;
begin
inc (NumOfChar);
DotMatrix5x71.Value := Copy (
AnimatedStr, NumOfChar, DotMatrix5x71.NumberOfDigits);
if (NumOfChar > Length (AnimatedStr)) then
NumOfChar := 1;
end;

Master Mikrokontroler

Jangan lupa deklarasikan variabel  NumOfChar pada variabel global. Jalankan programnya, maka akan terlihat tulisan “Selamat Belajar Pemrograman……” yang tampil berjalan kekiri.

Kalau mau software lengkapnya bisa ambil disini. Silahkan di-otak-atik sendiri, warna dot matrik bisa diganti dengan kuning, biru atau warna yang lain. Ukurannya juga dapat kita atur.

Iklan EDUROBO

This entry was posted in Lain - lain. Bookmark the permalink.

Leave a Reply